Aplikasi Pendidikan : Bag 4 of 4

Leave a Comment

Aplikasi Pendidikan Berbasis Mobile

Semua aplikasi edukasi dan pemrograman berbasis mobile berikut ini digunakan untuk belajar sekaligus membuat aplikasi yang sesungguhnya pada perangkat mobile seperti Android, iPad dan Windows mobile.

1. App Inventor

MIT App Inventor atau App Inventor adalah aplikasi open source yang awalnya dikembangkan oleh Google, dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). App Inventor memungkinkan pengguna baru untuk memprogram komputer untuk menciptakan aplikasi perangkat lunak bagi sistem operasi Android. App Inventor menggunakan antarmuka grafis, serupa dengan antarmuka pengguna pada Scratch dan StarLogo TNG, yang memungkinkan pengguna untuk men-drag-and-drop obyek visual untuk menciptakan aplikasi yang bisa dijalankan pada perangkat Android. Dalam menciptakan App Inventor, Google telah melakukan riset yang berhubungan dengan komputasi edukasional dan menyelesaikan lingkungan pengembangan online Google.
MIT App Inventor (User Interface)
MIT App Inventor (User Interface)
App Inventor menyediakan resources yang sangat lengkap, mulai dari tutorial, materi pengajaran untuk guru, buku, karya ilmiah, paper, video tutorial, presentasi, dan kurikulum pengenalan ilmu komputer serta pemrograman mobile. Sehingga App Inventor merupakan pilihan yang sangat bijaksana untuk mengajarkan pemrograman mobile di Android untuk semua siswa di sekolah kita masing-masing. Aplikasinya dapat dibangun di Desktop atau Laptop, kemudian dijalankan di sistem operasi Android. Untuk mulai membuat aplikasi dengan App Inventor, kita perlu login ke situsnya dengan account Google mail (Gmail).

2. Hopscotch

Hopscotch mengajarkan anak-anak untuk menggunakan kode sederhana, blok bangunan intuitif. Anak-anak dapat membuat game, animasi dan program dalam warna-warni, lingkungan yang interaktif ini. Hopscotch adalah sebuah aplikasi iPad yang memungkinkan anak-anak melakukan drag dan drop blok kode untuk membuat program mereka sendiri. Hopscotch adalah bahasa pemrograman visual seperti Scratch, Alice, atau Blockly. Anak-anak menggunakan Hopscotch untuk mempelajari dasar-dasar pemrograman komputer, termasuk abstraksi, sequencing, loop, variabel, fungsi dan logika kondisional.
Screenshot Pemrograman Hopscotch di iPad
Screenshot Pemrograman Hopscotch di iPad
Guru dan Orangtua dapat men-download Kurikulum Hopscotch dan Transition Guide pada halaman Parents & Educators. Kurikulum Hopscotch terdiri dari rencana 45 menit pelajaran yang fleksibel dengan disertai slide yang menggunakan Hopscotch untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer. (Kurikulum ini akan segera diperbarui untuk versi baru dari Hopscotch.) Hopscotch juga memiliki beberapa video tutorial di channel YouTube.

3. Lightbot

Lightbot membuat game yang menggabungkan konsep Ilmu Komputer ke mekanika permainan anak dan siswa. Tujuannya adalah untuk menciptakan game yang menyenangkan untuk bermain, tapi juga perkenalan yang bagus untuk belajar Ilmu Komputer. Lightbot mengubah cara anak-anak belajar Ilmu Komputer, untuk membuat game dan alat untuk anak-anak, orang tua, dan pendidik yang terbaik.  Lightbot adalah pemrograman permainan puzzle. Ini berarti bahwa pada intinya, itu adalah permainan puzzle, namun permainan ini benar-benar memiliki hubungan satu-ke-satu dengan konsep pemrograman. Lightbot tersedia untuk versi iOS (iPad dan iPhone), Android serta Web Browser.
Lightbot One Hour Coding [Android, iOS (iPad atau iPhone), Web Browser]
Lightbot One Hour Coding [Android, iOS (iPad atau iPhone), Web Browser]
Lightbot juga menyediakan Free Resources untuk Pendidik, berupa penjelasan tentang Lightbot dan bagaimana kaitannya dengan mengajarkan keterampilan pemrograman inti dan dasar-dasar Ilmu Komputer, termasuk ikhtisar tingkat tinggi serta istilah teknis tingkat rendah, sebagai sumber daya yang kita butuhkan untuk lebih mengintegrasikan Lightbot ke dalam kelas.

4. TouchDevelop

TouchDevelop adalah sebuah lingkungan pengembangan interaktif dan bahasa pemrograman visual yang dikembangkan di Microsoft Research. TouchDevelop digunakan untuk mengembangkan program aplikasi untuk perangkat mobile, termasuk smartphone dan komputer tablet. Hal ini juga dapat digunakan pada komputer manapun yang memiliki web browser yang cocok. TouchDevelop memungkinkan Anda membuat aplikasi pada iPad, iPhone, Android, PC, Mac, Windows.
TouchDevelop
TouchDevelop
Selain penggunaannya sebagai alat untuk membuat program aplikasi, TouchDevelop telah digunakan untuk mengajarkan pemrograman dan teknologi perangkat mobile di sekolah-sekolah, perguruan tinggi dan universitas. Resource untuk pengajaran dan kurikulum dengan TouchDevelop di halaman Teaching with TouchDevelop.
Belajar Pemrograman TouchDevelop – Hour of Code
Semoga daftar aplikasi edukasi tersebut di atas memberikan manfaat untuk anak-anak, siswa dan mata pelajaran Ilmu Komputer di sekolah kita masing-masing. Mengapa mengajarkan ilmu komputer? Ilmu komputer adalah disiplin yang semakin diperlukan untuk sukses dalam karir modern. Pekerjaan masa depan di hampir setiap industri akan memerlukan analisis data. Ilmu komputer adalah studi tentang pemikiran komputasi, atau bagaimana menggunakan pemikiran logis dan abstraksi untuk mengembangkan solusi umum untuk masalah yang kompleks. Keterampilan berpikir kritis siswa akan meningkatkan dengan belajar ilmu komputer, dan akan menampilkan dalam kinerja mereka dalam disiplin lain.
Saya pribadi sangat tidak setuju jika mata pelajaran TIK dihapus dari struktur kurikulum nasional, karena jelas bahwa salah satu konten TIK dalam hal ini pemrograman dapat membekali siswa keterampilan abad 21 yang dibutuhkan generasi penerus kita, terlebih kemampuan yang sudah saya sebutkan dengan belajar pemrograman di awal tulisan merupakan dasar dan alasan pengembangan kurikulum 2013.
Saya juga dengan senang hati menerima masukan untuk tambahan daftar aplikasi edukasi belajar bahasa pemrograman. Pendidikan bukan persiapan untuk hidup, tetapi pendidikan adalah hidup itu sendiri. Mari mendapatkan anak-anak kita bersemangat tentang pemrograman. Salam TIK dan Ilmu Komputer di Sekolah.

SELESAI

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda dan saya harap yang sopan !!!